Masih ada hari esok ..

Butuh satu jam untuk mengenal seseorang , satu hari untuk jatuh cinta , namun untuk melupakannya bias jadi butuh seumur hidup.

Pagi belum beranjak siang , namun langit diatas kota Jakarta kelabu tua , mendung menyelimutinya . hujan turun rintik – rintik . air yang jatuh dari atas langit bagai jutaan jarum lembut , membasahi genting dedaunan , lalu mengalir sepanjang jalan menuju selokan .

Hari ini adalah hari keempat belas aisyah berasa dirumah sakit . setelah dioperasi pada hari pertama dan beristirahat total selama hamper dua minggu , dia akhirnya diperbolehkan pulang . luka – luka di kakinya sudah mengering . semua barang – barang aisyah juga sudah dimasukkan ke mobil .

Gadis itu mencoba berdiri meski dengan bantuan tongkat .

“ pagi , dok !” sapanya begitu melihat dokter yang ikut membantu perawatannya sedang berbicara dengan seorang suster di pintu kamar .

Dokter muda itu memandangnya sejenak , lalu membalas sapaannya .

“sudah mau pulang?”

“ Ya , Dokter . saya juga mau pamit “

“ Baiklah, aisyah , satu saja pesan saya , hidup harus berjalan terus . kamu tetap kuat dan tabah ya !!!, selain itu juga kamu harus berusaha menjaga kondisi badan , mulailah berlatih berjalan setahap demi setahap .

Aisyah mengangguk .” Terima kasih Dokter atas bantuan dan telah mensupport saya “

Lalu dibantu papa dan mamanya, gadis itu masuk ke dalam mobil , semenit kemudian , mobil sedan yang membawanya telah melaju jalan .

Aisyah beralih ketepi jendela mobilnya , hujan masih menyisakan rintiknya , dia teringat kembali tentang Ridho , pria yang sangat dicintainya , yang dulu pernh menemaninya merenda hari , sampai detik ini Aisyah belum mampu melupakannya . padahal cukup hitungan waktu untuk mengenang kehangatan dan cinta ridhi kepadanya . kecelakaan mobil telah membawa pria itu tidur lelap ditemani kedamaian , sementara aisyah terpuruk dalam kesendiriannya kini .

Memang , tak seorang pun dapat menduga kapan musibah itu datang . semuanya terjadi begitu cepat . Aisyah sama sekali tidak pernah menyangka , malam itu adalah malam terakhir dia bersama Ridho . Pria itu mengajaknya dinner seminggu menjelang keberangkatannya untuk melanjutkan sekolah ke negeri paman sam .

“ Jika rentang waktu satu tahun ada 365 hari , maka berapa kali matahari terbenam yang akan kita lewatkan hingga kita bertemu lagi ?”

“ Aku gat tau dho.” Aisyah menatap kosong. Dia bahkan belum menyentuh potongan steak-nya yang terhidang di meja .

“ Suatu hari nanti , aku ingin kita bias menikmati matahari terbit bersama – sama . begitu terus setiap hari “ Ridho menggenggam jemari Aisyah lembut . mencoba memberi keyakinan pada gadis itu.

Tapi nyatanya , apa yang terjadi sungguh ironis .

Aisyah masih ingat betul , dalam perjalanan pulang Ridho membanting setir mobilnya ke kanan guna menghindari tabrakan dengan mobil depan yang mengerem mendadak . namun bukannya terhindar dari maut , tiba-tiba malah muncul mobil dari arah sebaliknya menbarak mereka .

Mobil ridho yang ringsek berat menjadi saksi bisu betapa kecelakaan itu demikian parah dan tak menyisakan ampun . saat keduanya tak sadarkan diri di rumah sakit , cowok itu sudah mendahului menghembuskan nafas terakhirnya . Aisyah beruntung masih bisa selamat , dia hanya menderita patah di bagian kaki yang ringan dan beberapa luka gores .

**

Satu tahun lebih berlalu ..

Tak mudah memang bagi Aisyah menjalani hari dengan trauma yang masih membekas . tak seorang pun juga begitu ambil pusing dengan sikapnya yang menjadi tertutup dan cenderung pendiam . Ya , terkecuali Raihan .

Kring ! Begitu bel sekolah berbunyi , Astri bergegas meninggalkan ruangan kelas. Rasanya ingin cepat – cepat pulang karena begitu banyak yang harus dikerjakannya di rumah siang ini .

“Aisyah , tunggu ! aku mau bicara “

Aisyah memperlambat langkahnya sambil menoleh kea rah suara yang memanggil namanya . tampak raihan berlari  lari kecil kearahnya . sedikit terengah begitu berhasil menjejeri langkahnya.

“ aku ngak punya banyak waktu waktu , Aisyah lantas memotong seraya membalikkan tubuhnya.

“please, aku Cuma mau nanya ? , boleh nggak aku ke rumah kamu malam minggu ini ?” imbuh raihan sambil tersenyum kikuk .

“ kenapa? Beberapa jam aja nggak lihat aku bikin kamu kangen , ya ?” tatapan mata aisyah melunak

“ jadi boleh ya aku main kerumah kamu?”

“siapa yang bilang boleh?” aisyah mendelik .” aku sibuk”!!

“ sibuk ?? emang kamu mulai bisnis apa ?”

Aisyah tertawa kecil , raihan seorang murid baru pindahan dari Jakarta teman masa kecil ridho seorang pria  yang baik selalu mengingatkannya pada ridho. Tubuhnya yang tinggi menjulang, kulitnya yang putih serta senyum baby face-nya seolah menjelma pada diri raihan , hanya saja ..

Aisyah menarik nafas dalam – dalam , “ pokoknya nggak boleh , kecuali .. “

“ kecuali apa ?”

“ kecuali kamu bisa mempertemukan aku dengan ridho ,” tantang gadis itu

Raihan terperangah . permintaan itu terasa janggal . bagaimana mungkin mempertemukan orang yang masih hidup dengan orang yang sudah meninggal ? aisyah mengada – ada

Dan itu menjadi beban batinnya . ternyata . menyadarkan seseorang yang terbelenggu cinta tak semudah yang dibayangkan. Sayang raihan sudah terburu kebius oleh pesona aisyah .

Sejak perkenalan pertama beberapa tahun silam , ketika raihan dan ridho sedang berjalan – jalan di suatu mall , dan kemudian setelah perkenalan itu raihan pun sudah jatuh hati pada pesona aisyah seorang gadis manis yang mengenakan jilbab berwarna jingga , ketika itu juga ridho mengalami hal yang sama dengan raihan , namun raihan memutuskan untuk pindah sekolah ke Jakarta mengikuti kedua orang tuanya , dan tinggallah aisyah yang akhirnya menjadi milik ridho.

Kalauun saat itu dia memutuskan untuk mundur , itu semata karena raihan yakin ridho data membahagiakan gadis yang sedikit manja itu . perkiraannya tidak meleset , semuanya berlangsung baik – baik saja , sampai tiba – tiba kabar buruk itu diterima , ridho meninggal akibat kecelakaan mobil . sejak saat itu raihan memutuskan untuk pindah kembali ke kota dimana mereka bertemu , raihan yang lebih muda usianya memang lebih muda daripada Kevin selisih 2 tahun , melanjutkan sekolahnya dimana aisyah juga bersekolah disitu dan sejak saat itu raihan lah yang selalu memperhatikan aisyah tanpa aisyah sadari .

**

Aisyah selalu memeluk dan menggenggam sebuah boneka dan foto ridho dengannya . hadiah dari ridho di hari jadi mereka pacaran.

“ aku akan ngasih kamu boneka beruang ini di setiap tahun hari jadi kita , sampai meja belajar kamu penuh “ ujar ridho

Aisyah mengenang hal itu dengan pahit . hari ini seharusnya hari jadi mereka yang ketiga , kalau ridho masih ada tentunya. Betapa aisyah sangat merindukan seyuman , canda serta tawa dan perhatian bahkan omelan pria itu saat dia lupa sarapan pagi dan selalu tidak memakai kaos kaki saat pergi kesekolah . sudah setahun pula aisyah terus menyalahkan dirinya atas kecelakaan yang menimpa ridho. Andai saja saat itu dia tidak menggangu kosentrasi ridho menyetir dengan mengajaknya ngobrol . andai dinner itu tidak pernah ada . ah , andai …

Sebuah ketukan di pintu membangunkan lamunannya .

“ aisyah , ada temanmu yang datang !!

“ iyah , mah ..” aisyah buru – buru menyusut  air matanya .

Saat melihat ternyata raihan yang datang , “ ngapaiin lagi raihan kesini ? bukannya aku bilang aku sibuk …!!!

Di ruang tamu , aisyah melihat pria itu sedang duduk terpekur menatap lantai . wajahnya langsung sumringah begitu melihat dirinya .

“Hai”!! sapa raihan spontan. Aisyah hanya bisa diam mematung di ujung meja , raihan kelihatan begitu lembut malam ini , dan dia begitu tampan dengan kemeja putihnya itu.

“ malam minggu nggak keluar?” Tanya cowok itu lagi

Aisyah menggeleng . “ mana ada yang mau ngajak cwewk kuper lagi berantakan kayak aku kencan di malam minggu . “

“ kamu serius ? aku mau “ !!

Aisyah tersenyum simpul , pria dihadapnnya ini , tak putus – putusnya menhibur dirinya sejak kepergian ridho , aisyah tidak buta , dia sadar perhatian raihan selama ini .

“ tapi kamu belum mengabulkan permintaanku, kamu belum mempertemukan aku dengan ridho ,” aisyah mengingatkan

‘ aisyah .. kamu tahu sendiri kan hal itu nggak mungkin ,” sahut raihan

“ Terserah “

“ sampai kapan kamu mau terus mengurung diri , as ? aku yakin ridho juga nggak suka melihat kamu kaya gini ,” suara raihan terdengar lembut tapi tegas

“kalo nggak suka , kamu boleh kok nggak peduli “ jawab aisyah dingin

“aku peduli , karena aku sayang sama kamu” jawab  raihan gemas

“ maafin aku , raihan . tapi ridho tetap ada dihatiku ,” jawab aisyah setengah terbata , ridho , kamu dimana ? berilah aku suatu pertanda kalo kamu juga nggak pernah melupakan aku , bisiknya

“ jangan berburuk sangka dulu , aku nggak pernah meminta kamu untuk melupakan ridho , aisyah , aku Cuma mau kamu membuka diri bagi orang – orang disekitarmu . kan kamu sendiri yang bilang , kita harus menghargai waktu yang ada bersama orang – orang yang kita sayangi . dan aku menghargai waktu yang aku punya bersama kamu .!!

Aisyah terpana mendengar ucapan raihan , ada rasa haru menyeruak di hatinya .

“ aku suka sama kamu sejak dulu aisyah, sejak kita pertama kali berkenalan . aku mau kamu kembali ceria kayak dulu lagi ,” pinta raihan sambil tersenyum manis

“ terima kasih , raihan . tapi aku ..

Raihan mengeluarkan sesuatu yang disembunyikan sejak tadi , astaga ! sebuah boneka beruang kecil . antara percaya dan tidak percaya , aisyah menatap takjub saat tangan raihan terulur padanya.

“ Tadi sebelum kesini , aku melihat boneka ini . lalu aku berfikir untuk untuk membelikan kamu karena setahuku kamu menyukai pernak pernik beruang . sebuah awal yang bagus bukan ? jadi dikamar kamu nggak selalu ada koleksi baarang – barang dari ridho . “ lagi – lagi senyum tulus mengembang di wajah cowok itu .

Aisyah menerimanya dengan hati berdebar .

**

Angin malam menerpa ketika aisyah membuka jendela kamarnya . seakan jilbab yang dikenakan tersibak . antara suka dan lara bergayut di hatinya . aisyah memandang boneka beruang kecil pemberian raihan ditangannya , lalu aisyah menatap ke atas , menembus kelamnya langit di malam hari

Aisyah tersenyum tipis . dipejamkannya mata . alangkah terasa kehadiran ridho disisinya . entah kenapa kedamaian tiba – tiba menyelimutinya .

“ Ridho “ gumamnya lirih ,” aku nggak akan pernah melupakanmu meskipun aku kini sudah menerima uluran tangan raihan untuk mengisi kekosongan hati ini , yang akan menemaniku melangkah di lembaran baru .

Semoga kamu mendapatkan kebahagiaan ditempatmu yang baru .

Angin kembali kembali berdesir , aisyah membiarkan jendelanya tetap terbuka

Sementara dari atas sana , betapa seorang yang berpakaian seputih kapas itu tersenyum dan tampak melambai hangat kepadanya dari atas sana . Raihan J

When tomorrow stars without me ,

And I’m not there to see

I wish so much you wouldn’t cry,

The way you did today

I know how much you love me

As much as I love you

When tomorrow stars without me

Please try to understand

That my place was ready

In heaven for above

But don’t think we’re far apart

For every time you think of me

I’m right here , in your heart

I’m Broken Heart

Aku tak tahan dengan semua sandiwara ini. Semua tentangmu, aku dan dia. Aku tak tahan! Aku sudah muak melihatmu bersamanya. Kalian selalu berdua dan kian hari kian mesra. Sedangkan aku, aku hanya bisa menerawang dari kejauhan. Aku berusaha untuk menghindar dari kalian. Tapi mengapa aku selalu mendapati kalian bersama? Apakah ini memang takdir kehidupan?

Semua berlalu dengan cepat. Dimana masa-masa itu. Saat aku masih denganmu. Kita berdua. Yah, sangat akrab dan sangat dekat. Aku bahagia berada denganmu. Kau selalu membuatku tersenyum di hari-hari terburukku sekalipun. Tapi mengapa semua semakin rumit? Mengapa semua berakhir seperti ini? Tidak! Ini bukan akhir. Tidak akan ada akhir sampai kau memutuskan semuanya.

Aku akan menunggumu. Walaupun berulang kali kau membuatku kecewa. Kau membuatku sakit hati dan kau membuatku menangis. Tolol! Mengapa aku harus meratapi perasaan ini? Hanya waktu yang akan mengubah semuanya. Sedikit demi sedikit untuk mengikis perasaan ini atau malah sebaliknya. Membuatku semakin tak bisa terlepas dan terikat kepadamu.

Cin(T)a

Cin(t)a

“..jangan anda pernah lewatkan film ini, jika anda mengaku penikmat film-film bermutu!”

DATA FILM
Judul Film: Cin(t)a
Genre: Drama – Indie
Sutradara: Sammaria Simanjuntak
Produser: Adi Panuntun, M. Budi Sasono, Sammaria
Penulis Skenario: Sally Anom Sari, Sammaria
Studio Produksi: Moonbeam Creations, Sembilan Matahari Film
Negara: Indonesia
Bahasa: Indonesia (English Subtitle)
Durasi: 79 menit
Tahun Rilis : 29 Mei (Inggris)

PEMERAN UTAMA
Saira Jihan sebagai Annisa
Sunny Soon sebagai Cina

SINOPSIS

Apa jadinya jika ketika seorang laki-laki dan perempuan bertemu dan saling tertarik satu sama lain, namun terbatas karena masalah perbedaan ras dan agama? Cerita yang sangat klise, namun hal klise nan standar sinetron itu tidak terjadi di film ini. Hal itulah yang menimpa Annisa, mahasiswi arsitektur berumur 24 tahun dan merangkap profesi sebagai aktris namun kesepian, dengan Cina, mahasiswa baru sejurusan Annisa yang berumur 18 tahun.

Keduanya sangat bertolak belakang dalam masalah studi, Annisa yang prestasi kuliahnya pas-pasan dengan Cina yang sangat berbakat dalam menjalani studi arsitekturnya. Keduanya bertemu secara unik dan menjalin hubungan. Masalah agama dan ras yang membatasi mereka tidak mereka hiraukan, karena mereka beranggapan bahwa cinta lah yang menyatukan mereka, karena menurutnya cinta tidak melihat agama dan ras.

Justru yang menarik mereka semakin dekat adalah konsep ketuhanan agama mereka masing-masing, dimana keduanya sering beragumen masalah tersebut. Sedangkan untuk konsep ketuhanan masing-masing, keduanya memiliki pendapatnya. Annisa berpendapat bahwa God is a Director, sedangkan Cina berpendapat bahwa God is an Architect. Maka, pertanyaan konsep ke-Tuhanan dan cinta menjadi inti film ini.

REVIEW

Anda yang berpikir bahwa ini adalah film remaja khas masa kini dengan style sinetron dan penuh dunia yang ceria, dengan tema cinta serta drama yang dibuat berlebihan, anda salah besar! Film ini adalah film independent, yang dibuat sekelompok mahasiswa Indonesia, dengan skrip dan tema yang berani. Suasana surealis dan sedikit kelam yang dibangun, serta jauh dari kesan mewah dan warna warni, membuatnya menjadi sangat unik. Hasilnya? Sebuah festival film di Inggris mendapat kehormatan untuk menayangkan perdana film ini sebelum Indonesia! Wow!

Sebuah kata masterpiece pun meluncur untuk menggambarkan karya anak bangsa ini. Dengan membawa tema agama yang sangat kental, beserta konsep ke-Tuhanan dari masing-masing karakter, Annisa yang beragama Islam, dan Cina yang beragama Kristen, menjadikan film ini begitu beda dari film lokal lainnya. Flm ini ‘berani’ membawa penonton untuk bertanya dan memperdebatkan konsep ke-Tuhanan dari kacamata agama Annisa dan Cina.

Hebatnya lagi, tidak ada pihak manapun yang tersudutkan akibat dialog-dialog yang muncul, melainkan menjadi suatu pemikiran bagi penikmatnya. Dialog-dialog tersebut bukan hanya memancing pemikiran, namun juga mengundang senyum karena dibawakan dengan unik oleh kedua karakternya. Selain perdebatan tadi, kisah cintanya dibuat sedemikian rupa, jauh dari dramatisasi dan mendayu-dayu. Jalinan cinta mereka berdua dipadukan sangat baik dengan ideologi ke-Tuhanan Annisa dan Cina masing-masing.

Karakternya pun dibuat tanpa berpihak serta bermain sangat apik dan pas. Saira Jihan, walau sedikit agak kaku, mampu menghidupkan karakter Annisa yang lembut, kesepian dan terlihat rapuh, namun memiliki prinsip terhadap pendapatnya. Sunny Soon sebagai Cina pun bermain tak kalah okenya. Karater Cina yang percaya diri, optimis dan memiliki visi, sanggup dimainkan dengan baik oleh Soon.

Bagaimana dengan segi teknis. Ini dia yang hebat. Dengan semua yang serba terbatas, ternyata mampu diubah menjadi kekuatan di film ini. Setting-nya yang minim dipadu dengan pengambilan sudut pandang kamera yang tidak lazim, serta suasana serba sunyi dan surealis, sanggup menjadi kekuatan yang sangat mendukung tema yang ditampilkan film ini. Kesimpulannya, jangan anda pernah lewatkan film ini, jika anda mengaku penikmat film-film bermutu! Bravo anak bangsa! Bravo Indonesia!🙂

Alpukat Buah Serbaguna dan Kaya Manfaat

Alpukat (Persea americana) — dalam Bahasa Indonesia baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia disebut sebagai avokad — merupakan buah yang sering kita jumpai. Buah serbaguna ini memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi manusia. Ada banyak zat yang kaya manfaat yang terdapat di buah ini. Buah berwarna hijau ini sering dimanfaatkan untuk jus atau bahan dalam es campur maupun hidangan lainnya. Rasanya yang nikmat membuat banyak orang menyukainya. Sebagian orang takut untuk mengkonsumsinya karena dianggap memiliki kandungan lemak yang tinggi. Apakah memang benar demikian? Apa saja manfaat dan khasiat alpukat atau avokad?

Kumpulan.info – Alpukat atau avokad berasal dari bahasa Aztek yaitu ahuacatl. Buah ini memang berasal dari daerah tempat suku Aztek berasal yaitu di daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Awalnya buah ini mulai diperkenalkan oleh Martín Fernández de Enciso, salah seorang pemimpin pasukan Spanyol, pada tahun 1519 kepada orang-orang Eropa. Pada saat yang sama juga, para pasukan Spanyol yang menjajah Amerika Tengah juga memperkenalkan coklat, jagung dan kentang kepada masyarakat Eropa. Sejak itulah buah alpukat atau avokad mulai disebar dan dikenal oleh banyak penduduk dunia.

Tips Cara Memilih Buah Alpukat

Sewaktu Anda pergi ke pasar untuk membeli alpukat, jangan pernah menilai matangnya sebuah alpukat dari warna kulitnya. Jika buah alpukat yang Anda temui berwarna lebih tua atau kecoklatan, belum tentu buah alpukat tersebut telah matang. Cobalah sedikit menekan buah alpukat tersebut. Jika terasa lebih lunak berarti buah itu sudah matang.

Manfaat Alpukat

Hampir setiap bagian dari pohon alpukat memiliki manfaat. Kayu pohon alpukat bermanfaat sebagai bahan bakar. Biji dan daunnya dapat digunakan dalam industri pakaian. Kulit pohonnya dapat digunakan untuk pewarna coklat pada produk yang terbuat dari kulit.

Dalam bidang kecantikan, buah alpukat juga sering digunakan sebagai masker wajah. Buah ini dianggap mampu membuat kulit lebih kencang. Buah alpukat juga bermanfaat untuk perawatan rambut misalnya sewaktu melakukan creambath.

Selain itu, sebagai buah, alpukat juga tentu bisa dinikmati sebagai hidangan yang lezat. Berbagai hidangan disajikan dengan menambah alpukat sebagai bagian dari hidangan tersebut.

Zat Kaya Manfaat dalam Alpukat

Alpukat atau avokad memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Alpukat atau avokad setidaknya mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat. Alpukat kaya akan protein, riboflavin (atau dikenal sebagai vitamin B2), niasin (atau dikenal sebagai vitamin B3), potasium (atau lebih dikenal sebagai kalium), dan vitamin C.

Selain itu alpukat mengandung lemak yang cukup tinggi. Namun jangan takut karena lemak pada alpukat mirip dengan lemak pada minyak zaitun yang sangat sehat. Lemak yang dikandung dalam alpukat adalah lemak tak jenuh yang berdampak positif dalam tubuh. Lemak pada alpukat juga digunakan dalam pembuatan sabun dan kosmetik.

Berikut ini penjelasan beberapa zat dalam alpukat atau avokad yang bermanfaat bagi tubuh kita:

  • Vitamin E dan vitamin A

    Vitamin E dikenal sebagai vitamin yang berguna untuk menghaluskan kulit. Campuran vitamin E dan vitamin A sangat berguna dalam perawatan kulit. Kombinasi vitamin E dan vitamin A membuat kulit menjadi kenyal, menghilangkan kerut, membuat kulit terlihat muda dan segar.

  • Potasium atau Kalium

    Potasium (dikenal juga sebagai kalium) yang ada dalam alpukat dapat mengurangi depresi, mencegah pengendapan cairan dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah.

  • Lemak tak jenuh

    Dalam alpukat ada lemak nabati yang tinggi yang tak jenuh. Lemak ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah (LDL), yang berarti dapat mencegah penyakit stroke, darah tinggi, kanker atau penyakit jantung. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mudah dicerna tubuh sehingga dapat memberikan hasil maksimal pada tubuh. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur.

  • Asam oleat

    Asam oleat merupakan antioksidan yang sangat kuat yang dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh akibat polusi. Radikal bebas dalam tubuh akan menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan.

  • Vitamin B6

    Vitamin ini berkhasiat untuk meredakan sidrom pra-haid atau pra-menstruasi (PMS) yang umumnya diderita wanita setiap bulan.

  • Zat Besi dan Tembaga

    Zat ini diperlukan dalam proses regenerasi darah sehingga mencegah penyakit anemia.

  • Mineral Mangaan dan Seng

    Unsur ini bermanfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi, memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf tetap terjaga.

Hidup Sehat dengan Alpukat

Di beberapa bagian dunia, buah ini dianggap sebagai salah satu buah eksotis dan langka. Mungkin alpukat telah memainkan peranan penting dalam diet makanan Anda. Setelah merasa berbagai hidangan yang mengandung alpukat atau avokad, Anda mungkin dapat mengatakan bahwa buah ini benar-benar banyak manfaatnya dan juga buah yang lezat!

Solusi Masalah Bibir

Kecantikan seorang wanita tidak lepas dari pesona bibir. Gerakan bibir pada saat berbicara tidak lepas menjadi perhatian lawan bicara. Itulah sebabnya, lipstik merupakan salah satu perias wajah yang tidak terlupakan. Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk berhias, biasanya pulasan lipstik tetap disempatkan untuk diberikan di bibir Anda. Tetapi, tahukah Anda bahwa setiap hari tugas berat harus dijalani bibir Anda dan ada berbagai hal yang dapat merusak keindahannya?

Mengenal Bibir

Coba perhatikan sejenak bibir Anda di cermin. Apakah Anda melihat bahwa bibir sedikit sekali mendapat perlindungan? Lapisan bibir sangat tipis dan sangat berbeda dengan lapisan kulit lainnya. Pada bagian bibir tidak terdapat kelenjar lemak dan tidak ditumbuhi rambut-rambut halus yang dapat melindunginya. Bibir juga sangat peka dengan sinar matahari sehingga perlu mendapat perlindungan dari sinar matahari.

Sebagai salah satu fungsinya, bibir menjadi tempat masuknya makanan dan minuman setiap hari dalam frekuensi yang cukup banyak. Padahal pada makanan dan minuman tersebut bisa saja terkandung zat yang dapat merusak bibir.

Kondisi fisik bibir yang begitu riskan dan masalah dari luar yang dihadapinya membuat bibir memerlukan perlindungan khusus baik dari dalam maupun dari luar tubuh.

Perusak Bibir dan Solusinya

Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan bibir rusak, antara lain:

  • Kosmetik

    Lipstik atau kosmetik lain untuk bibir yang tidak sesuai atau kadaluwarsa dapat membuat bibir menjadi rusak yang ditandai dengan munculnya bercak kemerahan dan gatal pada bibir.

    Solusi: Perhatikan kandungan yang terdapat pada kosmetik sebelum membelinya. Lihat tanggal kedaluwarsa kosmetik dan buang jika kosmetik sudah terlihat rusak. Jaga selalu kebersihan kosmetik agar tidak menjadi tempat bertumbuhnya bakteri, simpan di tempat yang sepatutnya dan bersihkan bibir sebelum menggunakan lipstik agar kotoran yang ada pada bibir tidak berpindah ke lipstik yang dapat menyebabkan lipstik terkontaminasi.

  • Sinar Matahari

    Sinar Ultaviolet (UV) yang ada pada sinar matahari ini dapat merusak bibir. UV tersebut dapat membuat bibir menjadi pecah-pecah, terbakar, bengkak atau timbul bintik-bintik kecoklatan. Hal lebih serius yang diakibatkan sinar matahari adalah dapat membuat kolagen yang terdapat pada bibir menjadi rusak. Akibat dari kerusakan kolagen ini adalah munculnya kerutan pada bibir.

    Solusi: Gunakan lip balm yang mengandung sedikitnya SPF 15 jika hendak keluar rumah. Jika Anda akan menghabiskan banyak waktu di luar rumah, Anda dapat mengulangi pemakaian lip balm.

  • Kebiasaan yang Merusak

    Kebiasaan menggigit bibir, membuka sesuatu menggunakan gigi atau membasahi bibir dengan air liur harus dihindari. Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah dan luka.

    Solusi: Ingat bagaimana kerusakan yang bisa terjadi akibat kebiasaan tersebut, maka coba untuk segera menghentikan kebiasaan tersebut.

  • Penuaan

    Seiring bertambahnya umur, kandungan kolagen pada bibir ikut menurun sehingga bibir tidak lagi terlihat kenyal. Penuaan pada bibir tampak dari bibir yang terlihat kasar, berkerut dan tampak garis-garis halus. Tetapi, bibir juga dapat mengalami penuaan dini sebelum waktunya. Penyebab penuaan dini pada bibir antara lain adalah sinar matahari, radikal bebas dalam tubuh, makanan dan minuman yang dikonsumsi serta nikotin yang terdapat pada rokok.

    Solusi: Penggunaan lipbalm tetap diperlukan agar terhindar dari penuaan dini akibat sinar matahari. Solusi lainnya adalah dengan mengurangi makanan dan minuman yang dapat merusak seperti makanan yang digoreng, kopi, the dan hentikan kebiasaan merokok. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran terutama yang banyak mengandung vitamin B dan C yang sangat baik agar bibir terlihat segar.

  • Kanker

    Salah satu penyakit yang berbahaya dan akan merusak bibir adalah kanker. Kanker bibir akan lebih besar terjadi jika ada riwayat anggota keluarga yang mengalaminya. Penyebab lainnya adalah sinar matahari, rokok dan minuman beralkohol.

    Solusi: Hentikan kebiasaan merokok dan minuman beralkohol serta tetap lindungi bibir dari sinar matahari dengan menggunakan lipbalm yang mengandung UV protection.

Selain solusi diatas yang dapat menangkal kerusakan pada bibir. Anda juga dapat melakukan perawatan pada bibir agar cantik alami misalnya dengan banyak minum air putih dan mengoleskan madu pada bibir sebelum tidur. Hal tersebut akan membuat bibir menjadi lembab dan tampak indah.

Tidur Saat Puasa

Bagaimana hukum seorang ketika bulan puasa tidur sepanjang hari? Dan bagaimana pula kalau dia bangun untuk melakukan kewajiban lalu tidur lagi?

Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah menjawab,
Pertanyaan ini mengandung dua permasalahan:

Pertama,
Seorang yang tidur seharian dan tidak bangun sama sekali, tidak ragu lagi bahwa dia telah bermaksiat kepada Allah dengan meninggalkan sholat. Maka hendaknya dia bertaubat kepada Allah dan menjalankan sholat tepat pada waktunya.

Kedua,
Seorang yang tidur tetapi bangun untuk menjalankan sholat secara berjama’ah kemudian tidur lagi dan seterusnya, hukum orang ini tidak berdosa (dan tidak batal puasanya-pen). Hanya saja, ia terluput dari kebaikan yang banyak, sebab orang yang berpuasa hendaklah menyibukkan dirinya dengan sholat, dzikir, doa, membaca al-qur’an  dan sebagainya sehingga mengumpulkan beraneka macam ibadah pada dirinya.

Maka nasihatku kepada orang ini, hendaklah ia tidak menghabiskan waktu puasanya dengan banyak tidur. Akan tetapi, hendaklah ia bersemangat dalam ibadah.

(Majmu’ Fatawa wa Rosa’il Ibnu Utsaimin: 19/170-171)

Adapun hadits yang berbunyi:

صَمْتُ الصًّائِمِ تَسْبِيْحٌ وَ نَوْمُهُ عِبَادَةٌ

“Diamnya orang yang puasa adalah tasbih tidurnya adalah ibadah”

Hadits ini derajatnya lemah sekali dan berdampak negatif yaitu menjadikan sebagian orang malas dan banyak tidur di bulan puasa dengan beralasan hadits ini.

Itsar (Mendahulukan Kepentingan Orang Lain daripada Kepentingan Pribadi)

Ingatkah waktu mendapat pelajaran PMP atau PPKN saat dibangku SD atau SMP? Di dalamnya dipelajari tentang mendahulukan kepentingan orang lain diatas kepentingan pribadi atau golongan, namun ternyata pelajaran tersebut sudah dijelaskan lebih dahulu dalam dienul islam. Betapa sempurna dinul islam, semua perkara telah dijelaskan didalamnya dari hal yang sepele hingga yang agung.

Dengan mendahulukan kepentingan orang lain kita diajari agar tidak egois, dan menjadi orang yang pemurah. Seperti halnya, Rasullullah shallallahu ‘alaihi wasallam mendidik istri-istrinya untuk mendahulukan orang lain, memberikan makanan kepada orang lain meskipun terkadang makanan tersebut tidak ada selainnya. Begitupula saat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam meminta para sahabat untuk bershadaqah.

“Dari Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu berkata, ‘Suatu hari Rasulullah memerintahkan kepada kami untuk bershadaqah, dan saat itu saya memiliki harta. Saya pun bergumam, ‘Hari ini saya akan mengalahkan Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu, saya akan sedekahkan separuh hartaku.’

 

Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Apa yang engkau sisakan untuk keluargamu wahai Umar?’  Umar radhiyallahu ‘anhu menjawab, ‘Separuhnya lagi.’

Ternyata datanglah Abu Bakar membawa semua hartanya, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya, ‘Lalu apa yang engkau sisakan untuk keluargamu.’ Maka Abu Bakar menjawab, ‘Saya tinggalkan untuk mereka Allah dan Rasul-Nya.’” (HR Abu Dawud dan At Tirmidzi dengan sanad hasan. Lihat Tahqiq Misykah: 6021)

Subhanallah sangat indah perilaku untuk mendahulukan orang lain. Seharusnya kita meniru untuk senantiasa dapat mencontoh suri teladan tersebut.

Akan tetapi bagaimana jika itsar dilakukan dalam ibadah? Mungkin ada disekitar kita sering terjadi, misalnya saja terjadi ketika akan menunaikan shalat berjama ‘ah di masjid. Si X telah datang lebih awal dan mendapat shaf pertama, akan tetapi waktu berselang ada si Y yang datang juga dan tidak menjumpai shaf pertama. Kemudian si X mempersilakan si Y untuk menempati posisinya, hanya karena si Y adalah atasannya. Nah ini salah satu contoh itsar dalam ibadah. Benarkah hal tersebut?  Bagaimana kita menyikapinya?

Ternyata telah ada kaidah yang shorih (jelas) mengenai hal tersebut yaitu ‘mendahulukan orang lain dalam masalah ibadah dibenci, namun dalam masalah lainnya disukai.’

Dalam kaidah diatas kita temui kata ‘al-iitsaaru‘, apa itu al-iitsaaru atau yang sering kita sebut itsar?

Itsar

Adalah sikap mendahulukan kepentingan orang lain daripada dirinya sendiri.

Ada Dua Macam Itsar:

Itsar dalam Perkara Duniawi

Misalnya: Ketika kita meminjamkan motor kepada orang lain yang harus segera dibawa ke rumah sakit namun ketika itu pula kita juga membutuhkan. Nah inilah contoh sederhana itsar dalam kehidupan sehari-hari dan tentunya masih banyak lagi.

Itsar dalam perkara duniawi seperti contoh diatas sangat dianjurkan bagi umat Islam. Allah sangat menyenangi perkara tersebut.

“Dan orang-orang yang telah beriman (Anshar) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka mencintai orang yang berhijrah kepada mereka. Dan mereka tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (muhajirin), dan mereka mengutamakan (orang-orang muhajirin), atas diri mereka sendiri. Sekalipun mereka memerlukan (apa yang mereka berikan itu). Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran darinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (Qs. Al-Hasyr: 9)

Itsar dalam Perkara Ibadah

Mendahulukan orang lain dalam perkara ibadah adalah sesuatu yang dibenci, karena masing-masing orang diperintahkan untuk mengagungkan Allah Ta’ala.

Jadi kita tidak boleh untuk mendahulukan orang lain atas diri kita dalam perkara ibadah. Bahkan orang tersebut adalah pimpinan, mertua atau orang-orang yang kita sayangi sekalipun.

Semoga kita dapat mengambil hikmah dalam kaidah tersebut. Wallahu a’lam.