5 Makanan Sehat Yang Tak Populer

GB

Jakarta – Sering makan bit, labu atau plum kering? Kalau masih terasa asing, berarti Anda belum cukup mengenal makanan ini. Meskipun tak populer, makanan ini mengandung sejumlah nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Mengapa tak mencoba mengenalnya?

Beberapa jenis makanan sehat ternyata banyak di sekitar kita.. Tetapi ada pula beberapa makanan yang justru diabaikan bahkan oleh mereka yang berniat ingin mengkonsumsi makanan sehat. Hal ini disebabkan oleh karena kita tidak tahu bagaimana cara memasaknya atau karena tidak dikenal. Nah, inilah yang membuat kita cenderung untuk mengabaikan makanan yang kaya dengan nutrisi tersebut.

Berikut lima jenis makanan yang tergolong tidak populer namun mengandung segudang manfaat yang baik untuk kesehatan:

1. Buah Plum Kering

Buah ini merupakan salah satu buah yang paling tidak populer untuk dikonsumsi, terutama ketika memakai nama prunes. Tetapi plum kering sesungguhnya mengandung potassium dua kali lebih banyak dibandingkan pisang dan memiliki kandungan antioksidan 38% lebih banyak dibandingkan blueberry. Buah ini juga memiliki nilai plus karena mengandung seratĀ  yang larut dan tidak larut, termasuk pectin yaitu sejenis serat larut yang bisa menurunkan kolestrol. Bagi mereka yang ingin berdiet, buah plum bisa dimakan sebagai camilan atau ditambahkan dalam bekal makan siang anak.

2. Bit
Bit mengandung serat, zat besi, vitamin C, serta mengandung betacyanin yaitu zat kuat yang bisa melawan kanker usus. Masih kurang yakin? Bit juga mengandung antioksidan yang telah dibuktikan bisa menurunkan total kolestrol dan meningkatkan HDL atau kolestrol baik dalam tubuh.

3. Labu
Seporsi hidangan labu memiliki sekitar 3 gram serat ditambah dengan beta karoten yaitu antioksidan yang membantu untuk meningkatkan fungsi imun dan mengurangi resiko terkena kanker dan penyakit jantung. Karena labu bersifat musiman tetapi tersedia labu kalengan yang juga sama sehatnya dan tersedia sepanjang tahun. Labu bisa ditambahkan pada berbagai jenis masakan dan dibuat kue.

4. Terong
Terong yang mudah didapatkan ini banyak mengandung serat dan juga vitamin B1, B3, dan B6. Selain itu terong juga mengandung asam chlorogenic yaitu salah satu sayuran yang bebas dari hama serangga yang biasanya terdapat di sayuran, dan nasunin yaitu antioksidan yang telah dibuktikan dapat melindungi dan mencegah kerusakan sel-sel otak akibat penggunaan telepon genggam yang bisa memicu tumbuhnya sel kanker.

5. Kacang-kacangan
Kacang adalah makanan yang memiliki reputasi tak populer lainnya. Tetapi riset telah membuktikan bahwa kacang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kacang bisa mencegah kanker dan penyakit jantung hingga tekanan gula darah. Plus kacang kacangan juga kaya akan antioksidan, protein, dan fiber. Kacang kering adalah yang termurah, tetapi kacang kalengan juga berguna bagi mereka yang ingin praktis

Nah, mulai sekarang jangan abaikan lagi makanan-makanan tersebut. Sebab makanan yang sepele ternyata bisa memberikan manfaat yang lebih bagi kesehatan kita.

One response to “5 Makanan Sehat Yang Tak Populer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s